Pages

Motivasi

Rabu, 15 Juni 2011

Dampak Positif dan Negatif dari Sinar UV


Sinar matahari termasuk unsur yang penting buat menunjang kesehatan, karena sinar matahari merupakan antibiotik alami. Sinar matahari pagi bermanfaat untuk kulit karena mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
Tapi sinar matahari juga punya sisi negatif, loh. pakar kulit dan kelamin, Inne Arline SpKK di Bandung, mengatakan salah satu dampak yang merugikan bagi kulit manusia adalah munculnya penuaan dini yang diakibatkan terkena sinar ultraviolet (UV) yang terus-menerus. Tetapi tidak semua sinar ultraviolet dapat merusak jaringan kulit manusia, tergantung dari rentang panjang dan gelombang energi yang dimunculkan sehingga kerusakan yang ditimbulkan terjadi dalam beberapa tahap.
Ada tiga jenis ultraviolet (UV) yang berbahaya buat kulit, yaitu UV-A, UV-B dan UV-C, dan yang paling berbahaya adalah UV-A dan UV-B. Ultraviolet C atau UV-C yang mempunyai panjang gelombang kurang dari 290nm masih dapat tersaring lapisan ozon sehingga masuk kategori no worry terhadap kerusakan kulit. Panjang gelombang UV-C, Infrared dan visible tidak dapat diukur langsung oleh manusia sehingga sering kali sinar yang menerpa kulit kita dapat diabaikan.

Tidak ada komentar:

Pages

Popular Posts

Pengikut